Kamis, 15 Maret 2018

Tugas Riset Informatika - 1

Jenis-jenis penelitian

A. Penelitian menurut tujuan
1. Penelitian murni : Penelitian yang dilakukan atau diarahkan sekedar untuk memahami masalah organisasi secara mendalam dan hasil penelitian tersebut untuk pengembangan ilmu administri atau manajemen.
2. Penelitian terapan : penelitian yang diarahkan untuk mendapakan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah.

 B. Penelitian menurut metode
1. Penelitian survey : penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetap[I data yang dipelajari adalah data dari sample yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variable.
2. Penelitian Ex post facto : penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut.
3. Penelitian eksperimen : penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Tredapat empat bentuk metode eksperimen yaitu pre experimental, true experimental, factorial, dan quai experimental.
4. Penelitian naturalistic : penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah.
5. Policy research (penelitian kebijaksanaan) : penelitian yang dilakukaan pada, atau analisis terhadap masalah-masalah social yang mendasar, sehingga temuannya dapat direkomendasikan kepada pembuat keputusan untuk bertindak dalam menyelesaikan masalah.
6. Action research : penelitian yang bertujuan untu mengembangkan metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan dan produktivitas lembaga dapat meningkat.
7. Penelitian evaluasi : penelitian yang berfungsi untuk menjelaska fenomena suatu kejadian, kegiatan dan product.
8. Penelitian sejarah : penelitian yang berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu.

C. Penelitian menurut tingkat explanasinya
1. Penelitian deskriptif : Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variable atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara varibel yang satu dengan yang lain.
2. Penelitian komparatif : Penelitian yang bersifat membandingkan.
3. Penelitian asosiatif : Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variable atau lebih.

D. Penelitian menurut jenis data dan analisisnya
1. Penelitian kualitatif : Penelitian yang menggunakan data kualitatif (data yang berbentuk data, kalimat, skema, dan gambar)
2. Penelitian kuantitatif : Penelitian yang menggunakan data kuantitatif (data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan

Sumber :
http://scdc.binus.ac.id/himsisfo/2017/03/jenis-jenis-penelitian/

KKNI

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.  

KKNI menyatakan sembilan jenjang kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang produktif. Deskripsi kualifikasi pada setiap jenjang KKNI secara komprehensif mempertimbangkan sebuah capaian pembelajaran yang utuh, yang dapat dihasilkan oleh suatu proses pendidikan baik formal, non formal, informal, maupun pengalaman mandiri untuk dapat melakukan kerja secara berkualitas. Deskripsi setiap jenjang kualifikasi juga disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni, serta perkembangan sektor-sektor pendukung perekonomian dan kesejahteraan rakyat, seperti perindustrian, pertanian, kesehatan, hukum, dan aspek lain yang terkait. Capaian pembelajaran juga mencakup aspek-aspek pembangun jati diri bangsa yang tercermin  dalam  Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika yaitu menjunjung tinggi pengamalan kelima sila Pancasila dan penegakan hukum, serta mempunyai komitmen untuk menghargai keragaman agama, suku, budaya, bahasa, dan seni yang tumbuh dan berkembang di bumi Indonesia.


Penelitian TI
Penelitian TI : Penelitian atau riset di bidang teknologi informasi dalam memecahkan masalah yang ada.
 1. Penelitian Murni TI : penelitian yang berusaha memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul terkait bidang TI dengan mencari solusi-solusi yang bersifat fundamental. Biasanya penelitian ini mempelajari teori yang telah ada dan mengembangkan teori fundamental terkait lainnya.
2. Penelitian Terapan TI : penelitian terapan mengacu pada penelitian yang memanfaatkan teori atau metode yang telah di kembangkan orang lain dalam cakupan penelitian murni TI, di dalam pengembangan penelitian lanjutan.
3. Penelitian Pengembangan Sistem : system yang dapat di pergunakan langsung oleh pengguna seperti system informasi dan system jaringan. Penelitian ini umumnya menerapkan berbagai teori atau metode yang telah di kembangkan baik dalam cakupan penlitian murni maupun terapan seperti dalam system database, Bahasa pemrograman, konsep jaringan dan lain-lain.
4. Penelitian Terkait Penggunaan dan Manajemen TI : penelitan terkait dengan keilmuan-keilmuan seperti ini juga banyak dilakukan. Walaupun masih dalam ruang lingkup TI, penelitian jenis ini mungkin lebih banyak dikaitkan dengan penelitian di bidang kemasyarakatan, karena yang menjadi objek penelitan biasanya adalah user/pengguna TI, administrator TI atau provide TI. Sehingga kemungkinana untuk menerapkan metodelogi penelitian seperti halnya penelitian di bidang social kemasyarakat sangat besar

Sumber :

https://www.dictio.id/t/penelitian-research-bidang-ilmu-komputer/3029



Tidak ada komentar:

Posting Komentar